Wednesday, January 20, 2016

Ide-ide Keren dari Acara Software dan Hardware Expo di PENS

Jadi kali ini saya ingin sedikit membagikan dokumentasi hasil jalan-jalan di acara Software dan Hardware Expo yang disponsori oleh blibli.com dan diliput oleh banyak media massa. Pastinya acara ini selalu lebih baik dari tahun sebelumnya, alhamdulillah. 

Sebelumnya saya mohon maaf ada beberapa stand yang memang tidak saya dokumentasikan, karena waktu saya kunjungi tidak ada orang di stand tersebut. Akan tetapi ada yang banyak melayani tamunya, sehingga susah untuk membagi fokusnya ke saya, sehingga saya sungkan juga. Ada yang sudah istirahat sehingga tidak bisa bertemu. Langsung saja ke detail setiap stand yang berhasil saya dokumentasikan menggunakan HP dan teknik pengambilan gambar apa adanya :) :
(NB : semua komentarnya murni dari saya pribadi, tidak ada campur tangan orang lain. Jadi jangan diambil hati. Mungkin bisa jadi sangat subjektif)

1. Belajar Kerangka Tubuh Manusia, (Tulang)

Jadi waktu saya tanya-tanya dengan pembuat aplikasi ini ada beberapa hal yang dapat saya bagi disini. Dibuat menggunakan Unity, kita bisa menggerakkan kameranya, geser kanan/kiri, zoom in/out dari objek tulangnya. kemudian tulang yang tidak berwarna putih itu, berarti sedang kondisi fokus dan keluar informasi nama dari tulang tersebut. Untuk yang berwarna putih bisa di klik untuk mengetahui nama tulang tersebut apa.

2. Edit-edit Gambar (Komi....)
Dari aplikasi ini pengguna bisa mengedit foto-foto yang dimilikinya dengan menambahkan efek-efek tertentu, memberi teks, memberi shape/frame, dan tentunya bisa menyimpan hasil editan foto tersebut. Untuk membuat aplikasi seperti memang buanyak sekali yang harus diatur, sehingga aplikasi ini masih perlu banyak pengembangan lagi. Seperti shapenya ditambah dan seterusnya. Tapi saya salut dengan aplikasi ini, sudah lumayan banyak bisa menghandle beberapa fitur. Untuk nama aplikasinya sendiri saya lupa hehehe :) Tujuannya untuk membuat gambar seperti komik mungkin.

3. Nyantik Game (Nyanting Batik Game)
Saya baru mengerti singkatan dari nyantik ketika bertanya sama orangnya langsung, hehehe. Ternyata Nyanting Batik. Game edukasi untuk mengajarkan penggunanya cara menyanting batik dengan baik dan benar. Terdapat 3 level kalau tidak salah, Easy, Normal, Expert. Kalau Easy belum tuntas maka tidak bisa lanjut ke level selanjutnya. Jadi waktu bermain, terdapat background batik, dan ada titik-titik bantu untuk memulai bermain nyanting. Pengguna diminta untuk menghubungkan titik-titik bantu tersebut sampai terhubung semua dan game akan berlanjut ke chapter berikutnya. Karena saya masih bermain di level Easy sehingga saya coret-coret semuanya sampai semua titik terhubung dan semakin naik levelnya maka kita tidak bisa lagi coret-coret seenaknya saya, hehehe.

3. Prezo
Prezo ini berguna untuk mengetahui list harga, diskon, dari berbagai macam marketplace yang ada. Akan tetapi Prezo ini katanya si mbak dalam foto tersebut, masih menggunakan data dari mataharimall.com. Mungkin saya bilangnya menggunakan web crawling. (mungkin ya). Jadi dari setiap detail produk yang ada pada suatu ecommerce dapat diambil deskripsi, harga, diskon, foto, dan sebagainya sehingga data-data tersebut masuk dalam database Prezo dan ditampilkan lagi. Tentunya ini akan berguna sebagai pembanding harga, atau informasi promo-promo dari banyak ecommerce, tanpa harus mengunjungi setiap ecommerce tersebut.

4. Florist
Florist berisi tentang informasi Flora atau tanaman yang ada di Indonesia. Terdapat game/quiz untuk menebak nama, tempat, (satu lagi lupa) dari suatu tanaman tertentu. Kemudian pengguna juga bisa memberi kontribusi untuk menambahkan data/infromasi suatu tanaman yang belum ada dalam aplikasi web tersebut. Tentunya dengan cara signup dan login. Kemudian menampilkan peta lokasi Indonesia yang ada marker tanaman gerak-gerak mantul (lucu) diatasnya. Dimana marker tersebut dapat di klik dan menampilkan tanaman khas di daerah tersebut. :)

5. Recrafter

Game yang dibuat dengan menggunakan software Unity untuk pembelajaran cara mendaur ulang barang-barang bekas. Awalnya saya sedikit kesusahan untuk bermain ini, akhirnya dimainkan oleh sipembuat dan paham. Jadi ada dua tombol diujung bawah kanan dan kiri. Sebelah kanan ada tools, berisi gunting, lem, perekat dan-kawan-kawan. Sebelah kiri terdapat botol bekas, kertas bekas dan kawan-kawan. Kemudian pengguna diberi suatu objective untuk membuat karya tertentu. Dan mulailah pengguna bisa menggunakan dua tombol tersebut. Waktu itu saya lihat pengguna diminta untuk membuat lampu dihias dengan menggunakan botol minuman. Kemudian menggunting botol minuman tersebut, diberi lem dan seterusnya-seterusnya. Intinya bermain :)

6. Si Petek (mungkin)
Ini mulai hardware expo-nya, dibuat oleh teman-teman jurusan teknik komputer. Waktu saya datang pada stand ini, stand ini lagi diliput oleh Jawa Pos. Direkam, diwawancarai, sehingga saya tidak bisa tanya-tanya lebih detail tentang produk ini. Saya cuman mengira-ngira aja. Kliatannya ada fitur pemberian makanan/minuman kepada ayam secara otomatis/periodik. Jadi botol makanan/minuman itu bisa membuka sesuai  dengan pengaturan yang kita beri. Kemudian dibawahnya itu juga ada bidang miring yang menampung kotoran ayamnya dan diberi saluran pipa yang mungkin dapat menyalurkan kotoran ayam tersebut kemana gitu. Yah mungkin itu yang bisa saya tau :) Mungkin juga bisa salah, mohon maaf.

7.  Baby Baby Pokoknya (lupa juga namanya)
Tempat bayi yang sudah dimodifikasi oleh teman-teman teknik komputer ini sangatlah keren. Dimulai dari lampu yang berada diatas tempat bayi tersebut. Lampu tersebut akan mengeluarkan sinar UV untuk membuat tempat bayi tersebut terbebas dari kuman. Lampu akan menyala ketika bayi sedang tidak berada dalam tempat tersebut. Pada tempat berbaringnya bayi dibawahnya diberi sensor berat dimana sensor berat ini berguna untuk memainkan lagu/musik tertentu pada saat bayi berbaring ditempat tersebut. Apabila bayi diangkat dari tempat tersebut, maka otomatis musik akan berhenti. Dibagian depan pinggirannya tempat bayi diberi sensor ultrasonik untuk mendeteksi jika ada orang yang mendekati bayi tersebut, maka akan mematikan lampu sinar UV nya (kalau tidak salah)

8.  Ranjau Sepatu (Rak Anti Jamur dan Bakteri untuk Sepatu)
Konsep rak sepatu ini sangatlah keren menurut saya. Karena rak sepatu ini bisa membersihkan jamur dan bakteri dengan menggunakan sinar UV ketika rak dalam kondisi tertutup. Jika kita buka raknya, maka otomatis sinar UV nya akan mati dan akan kembali menyala ketika tertutup. Pengembangan dari Rak sepatu ini, kata penjaga standnya, nanti juga ada penghangat sepatunya. Hal ini menurut saya sangat dibutuhkan karena terkadang kita habis terkena hujan malam-malam, kemudian sepatu kita basah maka solusi untuk cepat kering dan tidak berjamur ya "Ranjau Sepatu" ini. Dan stand ini kliatannya yang menang untuk mendapatkan penghargaan dari PENS.

9. Healthy Bag
Tas yang sudah diberi sensor berat dibagian bawahnya, digunakan untuk mengukur berat maksimal yang bisa dibawa oleh pengguna dengan menggunakan rumus : Berat Tas = 15% nya dari berat tubuh (seinget saya). Jadi kalau berat tubuh kita 100 kg, maka maksimal kita membawa tas sebesar 15 kg. Kemudian nilai sensor berat tersebut dapat berkomunikasi dengan Smart Phone kita melalui bluetooth.

10. Alat untuk Menguji Makanan Berformalin atau Tidak
Alat ini berfungsi untuk mendeteksi makanan berformalin atau tidak dengan menggunakan sensor gas. Kata si penjaga stand, harga sensor gas nya ini 450 ribu (kira2). Jadi untuk mendeteksi makanan tersebut mengandung formalin atau tidak dapat menggunakan alat ini. Cukup didekatkan sensor gasnya ke makanan yang ingin diuji maka akan keluar informasi bahwa makanan tersebut mengandung formalin atau tidak.

11. Aplikasi Pesan Makanan
Jadi Tablet yang berada disebelah kiri adalah tampilan utama aplikasi. Terlihat banyak tombol kotak-kotak dimana tombol-tombol tersebut berguna untuk menambah menu makanan atau minuman yang dipesan. Kemudian ketika tombol Jumlah diklik, maka akan masuk datanya ke Smartphone yang disebelah kanannya.

12. RAID System - Manajemen Tilang Menggunakan SIM (menurut hemat saya)
Terobosan baru bagi polisi. Alur dalam aplikasi ini adalah, pertama pak polisi yang sedang menilang seseorang, diminta untuk mengeluarkan SIM dan KTP nya. Kemudian SIM tersebut di scan untuk mendapatkan kode-kode tertentu. Kemudian Polisi menginputkan data lainnya seperti nama, tanggal lahir sesuai dengan KTP dan tentunya menentukan jenis pelanggaran apa yang dilakukan oleh pengendara. Sehingga data/histori dari setiap pengguna jalan akan tersimpan dengan rapi dan terstruktur. Semua proses penilangan juga transparan. (kira-kira dalam otak saya seperti itu). Dan ternyata ini juga berhak mendapatkan penghargaan dari PENS. Bagus idenya. Menggunakan Web, RFID, database MySql.

13. Menghitung Debet/Volume cairan yang Lewat pada Selang
 Menghitung jumlah air yang lewat didalam selang. Selang diberi kincir kecil didalamnya, dan tentunya diberi sensor tertentu untuk menghitung pusaran kincir tersebut dengan satuan rpm. Dan dari rpm tersebut nanti bisa muncul harga, volume air yang telah lewat. Kira-kira seperti itu :)

14. TicTam (Stempel Otomatis)
Stempel Otomatis, ini menurut saya juga sangat keren. Karena diperusahaan tentunya juga pasti ada perilaku stempel-stempel ini. Dan biasanya ada petugas khusus untuk menyetempel suatu dokumen. Dan teman-teman dari Teknik Komputer membuat alat untuk memberi stempel secara otomatis. Dengan diberikan wadah kertas yang sudah dimodifikasi, sehingga stempel dapat bergerak kanan atau kiri, kemudian disamping kanannya ada printer. Sehingga dapat menyetempel dokumen secara otomatis.

15. Ayo Ngaji
Belajar ilmu tajwid menggunakan pendekatan aplikasi :). Model pembelajarannya adalah quiz dari setiap materi yang ada dalam ilmu tajwid, seperti Idgham, Idzhar, dan lain-lain. Saya kira ini dibuat menggunakan Android Studio dan database SQLite.

16. Lokasi Penting di Indonesia (saya lupa nama aplikasinya)
Jadi aplikasi ini menampilkan lokasi-lokasi penting di Indonesia. Tampilan awalnya adalah peta Indonesia, yang sudah diberi marker-marker banyak dan tentunya marker tersebut bisa di klik, dan muncul informasi penting tentang lokasi tersebut. Dibuat menggunakan Google Maps API, Android Studio, database MySql. Kurang lebih seperti itu. 

15. oTask
Aplikasi manajemen tugas. Hampir mirip dengan trello.com sehingga pengguna dapat mengatur tugas-tugasnya dalam aplikasi ini. :). Dibuat menggunakan Android Studio dengan database MySql.

16. Solar System Learning
Konsep Augmented Reality digunakan dalam aplikasi ini untuk memperkenalkan ilmu tata surya. Dengan menggunakan marker yang berlogo bulat diatas laptop tersebut, kita bisa menscan logo tersebut menggunakan aplikasi dan munculah tata surya kita. Ada bumi, Matahari, Merkurius, dan seterusnya. Kita bisa mempercepat periode perputaran tata surya atau sebaliknya. Dan setiap planet tersebut bisa kita klik dan akan muncul informasi berat, diameter dari planet tersebut. Selain itu, detail informasi planet juga disajikan dalam bentuk suara. Menurut saya ini dibangun menggunakan Vuforia dan Unity

17. Game Daerah - Perang-perangan
Game ini mengenalkan sejarah-sejarah terkait dengan Jawa. Ada cerita didalamnya yang memberikan kita ilmu tentang perjalanan tokoh-tokoh bersejarah di Jawa. Di awal game, saya coba ada battle dua orang saling memanah (musuhnya AI) dan saya menang. Kemudian game battle saling main keris dengan AI juga dan saya menang. Level 2 lebih mudah ketimbang level pertama :)

18. Even Grobak
Aplikasi ini menyajikan informasi tentang resep kue, dimana data tersimpan dalam MySql. Dan dibuat menggunakan Android Studio. Hal ini mirip dengan yang dibuat oleh Faruqi dengan judul aplikasi "Rempeyek". Saya memberikan saran kalau inputannya adalah bahan sehingga hampir sama dengan "Rempeyek".

19. Guitionary
Belajar bermain gitar menggunakan android. Belajar kunci-kunci gitar sekaligus "menggenjreng"nya :). Kemudian juga ada fitur bermain secara bebas untuk bermain gitar. Terlihat dibuat menggunakan Unity. Tutorial belajarnya seinget saya menggunakan object 3D. Jadi kita bisa melihat tangan yang tepat pada saat menggunakan kunci tertentu.

20. E-Fiqih Jenazah
Fitur nya ada 3, yakni materi, video tutorial, dan game simulasi. Saya suka mencoba simulasi nya. Karena kita diminta untuk mengurutkan cara yang tepat untuk memandikan jenazah, dan saya salah terus. -_-

21. Hafizh Assistance
Belajar menghafal Al-Qur'an dengan menata ayat sesuai dengan urutannya. Menu belajar menghafalnya adalah 30 Juz. Tentu databasenya sangat banyak. Dan terdapat menu-menu lain yang belum saya coba. Saya hanya mencoba fitur belajar hafalannya saja. :) Saya mencoba memberikan saran untuk cloud Bookmark pada aplikasi Al-Qur'an, soalnya saya belum menemui aplikasi yang bisa menyimpan bookmark pada cloud.

22. E-Hafal
Sama seperti Hafizh Assistance, akan tetapi yang membedakan disini adalah fokus pada juz 30 saja dan dikemas seperti game. Jadi ada 2 mode permainan di aplikasi ini, pertama menata kumpulan ayat-ayat, dan satunya adalah mendengarkan suatu ayat dan kita diminta untuk memilih pilihan ayat yang sesuai dengan lanjutan dari suara ayat yang terdengar tadi.

23. Sambilan
Konsepnya hampir sama dengan Freelancer ataupun Projects.co.id yakni mempertemukan orang yang ingin mencari kerja "sambilan" dengan perusahaan yang butuh sesuatu. Ada 2 aplikasi dari "Sambilan" ini, yakni Mobile dan Web.

24. GameLAN
Belajar bermain gamelan dan alat musik tradisional lainnya. Kalau saya melihat seperti bermain guitar hero, jadi ada waktu dimana kita harus menekan tombol.

25. E-Kajian

Informasi tentang kajian-kajian. User dapat melakukan login/sign up untuk menambahkan info kajian terbaru. Selain itu pengguna juga dapat memberi reminder untuk menghadiri suatu kajian tertentu. Ada aplikasi web adminnya, serta aplikasi Android sebagai fokus utama.

26. MIL Detection
Sama seperti TA saya waktu di D4, sedikit promosi. Jika Anda ingin mencoba aplikasi TA saya bisa didownload disini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.isl.mil. Jadi adik kelas membuat MIL Detection kali ini fokus pada Motor, sedangkan saya fokus pada Mobil. :)

27. Pengecek Bak Volume Sampah
Pemberian informasi Bak Sampah jika sudah penuh, sehingga muncul dalam aplikasi web yang dibuatnya.

28. Simulasi Kimia
-

29. Penghitung Biaya Listrik Rumah
Aplikasi yang digunakan untuk menghitung biaya listrik yang kita gunakan selama 1 bulan. Dimulai dari menginputkan alat-alat yang ada dirumah kita, daya listrik rumah kita, sehingga nanti muncul biaya yang harus kita bayar berapa.

30. Book Look
Sama seperti OLX, akan tetapi fokus pada buku saja. Selain itu yang membedakan aplikasi ini dengan OLX adalah adanya fitur chat dengan pelanggan.

31. SIM Ternak
-

32. Dan lain-lain

Semuanya merupakan ide-ide keren jika terus dikembangkan. Sekian Terima kasih :)

1 comment:

  1. Wauuuuu Keren bet deh, makin luv sama qaqa' satu ini :)

    ReplyDelete

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih