Saturday, January 9, 2016

Aplikasi Deteksi Kondisi Kendaraan Bermotor Berbasis Android (Demodroid)

Kali ini saya akan membahas tentang Tugas Akhir saya waktu kuliah D4 di kampus tercinta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Tugas Akhir (TA) saya berhubungan dengan android karena saya pada waktu itu suka sekali bikin aplikasi di Android. Kemudian kenapa saya memilih judul terkait dengan alat transportasi ? sebenarnya judul ini saya mendapat inspirasi dari teman kuliah ayah saya namanya pak Rusdi. Beliau adalah dosen S1 Elektro ITS. Nah saya diberitahu untuk bikin aplikasi deteki pola kedipan MIL (Malfunction Indicator Lamp) dengan menggunakan kamera yang ada di Android. 



Perlu diketahui sedikit, bahwa MIL tersebut memiliki pola kedipan tertentu sehingga dapat mengabarkan kondisi kendaraan bermotor yang kita miliki.

Kemudian selang berjalannya waktu untuk mengerjakan TA ini, saya mencoba untuk mengikutkan TA ini ke PKM, Gemastik, dan lomba-lomba lainnya. Yah, meskipun ada yang lolos dan ada yang tidak, semuanya tetap memberi pelajaran berarti bagi saya. Berikut adalah video penjelasan tentang aplikasi TA saya, yang diberi nama Demodroid 



dan ini adalah demo aplikasi pada saat saya melakukan pengambilan data di VEDC Malang :



cara menggunakan aplikasi Demodroid ini cukup mudah, sesuai dengan video demo diatas, akan tetapi sedikit saya beri penjelasan :
  1. Pengguna diminta untuk menginputkan Merk kendaraan, Model kendaraan, Tipe kendaraan/ Contoh : Merk : Toyota, Model : Avanza, Tipe : Semua Avanza.
  2. Setelah itu klik tombol bulat besar pada bagian awal aplikasi (setelah aplikasi menampilkan tutorialnya )
  3. Kemudian aplikasi menampilkan kamera gadget Anda. Perhatikan titik merah kecil yang berada ditengah layar. Pastikan titik merah tersebut berada diatas lampu MIL (selama proses perekaman). Karena hanya pada titik merah tersebut yang akan dilakukan proses perhitungan.
  4. Setelah itu tekan tombol Start yang berada diujung kanan atas layar Gadget Anda. 
  5. Dan biarkan aplikasi mengenali sampai proses perekaman otomatis berhenti dan menampilkan grafik kedipan lampu.
  6. Dan terakhir, klik Show Result maka aplikasi akan menampilkan hasil analisa pola kedipan MIL.

Saya sudah mengupload aplikasi ini di Play Store, akan tetapi belum yang versi final. Data yang tertanam hanya untuk mobil Toyota Avanza saja. Link Download

No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih