Friday, June 22, 2012

Saatnya Menulis

Bismillah ...

alhamdulillah, sudah bisa menulis lagi. Insya' Allah mulai saat ini, Blog bisa update lagi. Weuw..
Mudah-mudahan blog ini bisa lebih bermanfa'at, dimana manfaat tersebut tidak hanya untuk si penulis. Akan tetapi, dapat juga dirasakan bagi para pembaca..
*memangnya siapa yang mau baca blog GJ ini yaaa. :D *


Kembali ke judul. Menulis itu, menurut ane Gan, Sist adalah proses penuangan (penyampaian) aspirasi / gagasan / ide dimana kita tidak mampu menyampaikannya dengan melaui lisan *menurut ane lho Gan, Sist :D*. Disamping itu, menulis adalah kemampuan yang, ane rasa, harus dimiliki oleh setiap manusia / insan yang hidup dimuka bumi ini. Teringat akan pepatah dari Imam Syafi'i rahimahullah : "Ikatlah ilmu itu dengan MENULISnya". Menyambung pepatah tersebut , ane juga teringat betapa hebatnya dahulu pada zaman Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam, betapa banyak orang yang berusaha mengikat ilmu yang dimiliki dengan cara menghafalnya karena pada saat itu sangatlah tidak memungkinkan untuk menulisnya alias keterbatasan media. Sampai-sampai mereka semua menghafalnya demi menjaga ilmu yang telah dia terima.

Mengingat Hadist "Menuntut Ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim (muslim/muslimah)". Jadi sedih melihat kenyataan, contoh: *diri ane sendiri ini Gan, Sist :D* ketika kita kuliah, ada dosen  yang sedang menerangkan tentang suatu materi. Terdapat seorang  mahasiswanya yang mungkin tidak menghiraukan apa yang sedang disampaikan oleh dosennya *Anggap saja itu ane Gan, Sist.. :-(* atau mungkin dia merasa sudah menguasai materi tesebut sehingga tidak perlu lagi menulisnya atau bahkan memperhatikannya *astaghfirullah..*. Dan yang paling menyedihkan *semoga aja bisa menjadi lebih baik :-(* adalah ketika kita mendapati seorang mahasiswa yang tertidur pada saat dosennya mengajar. Ya mungkin ane menganggapnya kalau beliau, mahasiswa tersebut, itu sedang kelelahan, atau mungkin semalam tidak tidur karena ada kegiatan lain. Mungkin nasehat ane jangan sering-sering yaa.. Kasihan dosennya yang sudah menyempatkan waktunya untuk mengajar kalian, sudah bersusah payah untuk mengajarkan materi yang diharapkan kalian semua wahai para mahasiswa dapat mengerti apa yang beliau ajarkan... *sedang menasehati diri sendiri..*.


Sekarang ini, alhamdulillah bersyukur sekali karena sudah banyak media yang membantu kita untuk "mengikat" ilmu yang kita miliki. Betapa banyak media yang dapat menampung tulisan-tulisan kita. *Kembali Bersyukur, Alhamdulillah yaa Allah... :D*. Sehingga kita dapat menauladani mereka-mereka yang berada dizaman dahulu, dimana mereka sangat peduli sekali dengan ilmu.


Yaa mungkin sekian dulu tulisan ane yang .. agak gimana ini, hahaha, semoga bisa bermanfaat *tentunya bagi kita semua Gan, Sist.. :D* 

1 comment:

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih