Wednesday, April 13, 2016

Hubungan Motor dan Data Outlier ... (tidak serius)

Data outlier atau data 'sempalan' adalah data yang jauh dari kerumunan data lainnya.

Contohnya, ketika kita berkendara sepeda motor dijalanan yang sedang macet. Pada saat itu, kita diwajibkan untuk mengikuti kebiasaan pengguna sepeda motor yang lainnya. Pengguna motor pada umumnya akan menyalip mobil dari sebelah kiri, potong arus kendaraan seenaknya sendiri, di perempatan lampu merah selalu berada terdepan, bahkan sampai melewati lampu merahnya.
Kenapa kita diwajibkan untuk mengikuti kebiasaan pengguna motor pada umumnya? Jawabannya sangat simple. Tentu kita tidak mau tersisihkan dari keluarga motor, kita tidak mau jadi orang yang paling lambat, kita tidak mau kalah dengan orang lain, tidak mau jadi paling lambat, dan seterusnya. Atau bahasa IT nya, kamu akan menjadi data outlier, tidak berkumpul dengan kebiasaan para pengguna motor lainnya.

Nah, sekarang paham dengan data outlier ? tentu kamu akan bingung, karena saya ngetik ini juga bingung, Sekian terima kasih :)

semua ini bercanda :)

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih