Sunday, April 24, 2016

Bermain dengan Macbook Air

Bermain-main dengan macbook Air keluaran 2014 dengan processor Intel Core i5 generasi ke-4 (Hashwell) dengan Hard Disk SSD 128 Gb. Sangat kereeen. Saya akan mengomentari beberapa aspek yang saya rasakan setelah beberapa hari menggunakan barang ini.

Operating System
Memakan hard disk 60 Gb bro :). Tentu ini yang paling mengesalkan buat saya. Saya kira windows cuman menghabiskan 30 Gb saja. Akan tetapi berbeda dengan Mac OS El Capitan ini. Dimana hard disk laptop ini cuman 128 Gb. Jadi sisanya yaa tinggal 68 Gb aja, hikss.... Dan tentunya saya juga harus beradaptasi dengan OS yang jarang saya sentuh ini. Saya sih sudah menyiapkan VMWare dan Virtual Box untuk OS ini buat jaga-jaga kalau tidak terbiasa. :)


Hard Disk
Hard Disk SSD (Solid State Disk) 128Gb adalah hard disk yang menurut saya sangaaat cepat dalam proses Write dan Read File nya. Keren abis pokoknya. Buka Android Studio husssssh langsung kebuka ga' pake' lama. Copy Paste File besar dari Flash Disk, syuuuut, langsung ke copy. Cepat pokoknya. Akan tetapi karena kapasitasnya cumam 128Gb, jadi setelah saya download2 installer suatu aplikasi, langsung saya hapus file nya, karena sisa hard disk yang sedikit sekali.

Adapun jika di update / diganti dengan hard disk yang lebih besar, Macbook Air hanya bisa di isi hard disk SSD dengan kapasitas 256Gb saja, tidak bisa lebih. hiks :) (CMIIW)

RAM
RAM 4Gb, yaaa lumayan, jika sudah buka Android Studio dan Google Chrome, tentu saya tidak berani buka aplikasi lainnya, karena RAM sudah termakan 3Gb oleh dua aplikasi yang sangat menghabiskan memori itu.
Jika ingin di update / diganti dengan RAM yang lebih besar, setau saya hanya berhenti sampai di RAM 8 Gb saja, tidak bisa lebih. Akan tetapi saya sudah merasa cukup masihan dengan RAM 4 Gb. Sisannya di lakukan ditempat lain saja (PC pribadi) hahaha.



No comments:

Post a Comment

No Spam.. :D

Jika ada Post yang tidak muncul gambarnya atau ada link yang tidak bisa di klik pada postingan saya, mohon kabari saya ya, via FB Terima kasih